Tujuh Sahabat yang Paling banyak Meriwayatkan Hadits

Dari sekian banyak sahabat Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang meriwayatkan hadits dari beliau, ada tujuh orang yang jumlah riwayatnya mencapai lebih dari seribu hadits. Nama dari ketujuh orang sahabat ini dirangkum dalam beberapa bait syair, di antaranya adalah apa yang disebutkan oleh Jamaluddin Al Qasimi di dalam kitab Qawa’idut Tahdits:
سَبْعٌ مِنَ الصَّحْبِ فَوْقَ الأَلْفِ قَدْ نَقَلُوْا … مِنَ الحَدِيْثِ عَنِ الْمُخْتَارِ خَيْرَ مَضَرِ

أَبُوْ هُرَيْرَةَ سَعْدٌ جَابِرٌ أَنَسٌ … صِدِّيْقَةٌ وَابْنُ عَبَّاسٍ كَذَا ابْنُ عُمَرِ
“Tujuh orang sahabat telah meriwayatkan lebih dari seribu hadits dari Al Mukhtar (Nabi صلى الله عليه وسلم) dengan sebaik-baik pengumpulan. Abu Hurairah, Sa’d, Jabir, Anas, Ash Shiddiqah (Aisyah), dan Ibnu Abbas, begitupula Ibnu Umar.”

Penyair lain berkata:

الْمُكْثِرُوْنَ فِي رِوَايَةِ الأَثَرِ … أَبُوْ هُرَيْرَةَ يَلِيْهِ ابْنُ عُمَرِ

وَأَنَسٌ وَالحَبْرُ كَالخُدْرِيِّ … وَجَابِرٌ وَزَوْجَةُ النَّبِيِّ
“Orang-orang yang paling banyak meriwayatkan atsar adalah Abu Hurairah dan setelahnya Ibnu Umar. Anas, Al Habru (Ibnu Abbas) seperti Al Khudri, Jabir, dan istri Sang Nabi (Aisyah).”

loading...

Berikut ini biografi ringkas tentang ketujuh orang sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits:

1. Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.

Abu Hurairah Ad Dausi Al Yamani. Para ulama berselisih tentang nama beliau yang sebenarnya. Pendapat yang paling terkenal adalah yang mengatakan bahwa nama beliau adalah Abdurrahman bin Shakhr setelah sebelumnya bernama Abdusyams bin Shakhr, wallahu a’lam. Beliau wafat pada tahun sekitar tahun 57-59 H pada umur 78 tahun.

Abu Hurairah adalah sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم yang paling banyak menghafal hadits dari Nabi صلى الله عليه وسلم . Beliau meriwayatkan sebanyak 5374 hadits, sebagaimana disebutkan oleh As Suyuthi di dalam kitab Tadribur Rawi.

2. Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhu.

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Umar ibnul Khaththab Al ‘Adawi. Kunyah beliau Abu Abdirrahman. Nama beliau sering disingkat menjadi Ibnu Umar. Dilahirkan tak lama setelah Muhammad صلى الله عليه وسلم diangkat menjadi nabi. Beliau tidak diizinkan untuk mengikuti perang Uhud karena masih belum cukup umur. Beliau adalah salah seorang sahabat yang paling bersemangat mengikuti sunnah Rasul. Beliau wafat pada akhir tahun 73 H atau awal tahun 74 H.

Imam As Suyuthi menyebutkan bahwa Ibnu Umar meriwayatkan hadits dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم sebanyak 2630 hadits.

3. Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu.

Nama lengkap beliau adalah Anas bin Malik bin An Nadhr Al Anshari Al Khazraji. Beliau adalah salah seorang pembantu dekat Rasulullah صلى الله عليه وسلم sejak hijrah ke Madinah selama sepuluh tahun. Beliau wafat pada tahun 92 atau 93 H dalam usia lebih dari seratus tahun.

Menurut As Suyuthi, jumlah hadits yang beliau riwayatkan dari Nabi صلى الله عليه وسلم adalah sebanyak 2286 hadits.

4. Aisyah radhiallahu ‘anha.

Beliau adalah salah seorang istri Nabi صلى الله عليه وسلم atau Ummahatul Mu`minin. Nama lengkapnya adalah Aisyah bintu Abi Bakr Ash Shiddiq. Aisyah merupakan wanita yang paling utama dan paling memahami perkara agama. Aisyah dan ayahnya merupakan orang yang paling dicintai oleh Nabi صلى الله عليه وسلم . Beliau wafat pada tahun 57 H.

Disebutkan oleh As Suyuthi, jumlah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah sebanyak 2210 hadits.

5. Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhu.

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Abbas bin Abdil Muththalib. Nama beliau biasa disingkat menjadi Ibnu Abbas. Beliau adalah anak pamannya Rasulullah صلى الله عليه وسلم (sepupu). Beliau dilahirkan tiga tahun sebelum peristiwa hijrahnya Nabi ke Madinah. Beliau wafat pada tahun 68 H di Thaif.

Beliau digelari dengan Al Bahru (lautan ilmu) dan Al Habru (orang yang sangat banyak ilmunya) dikarenakan luasnya ilmu agama beliau. Menurut As Suyuthi, jumlah hadits yang beliau riwayatkan dari Nabi صلى الله عليه وسلم adalah 1660 hadits.

6. Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu.

Nama lengkap beliau adalah Jabir bin Abdillah bin ‘Amr bin Haram Al Anshari As Salami. Beliau dan ayahnya adalah sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم  . Beliau pernah ikut berperang bersama Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam sembilan belas peperangan. Beliau wafat di Madinah setelah tahun 70 H pada umur 94 tahun.

Beliau meriwayatkan 1540 hadits dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم sebagaimana disebutkan oleh As Suyuthi di dalam kitab Tadribur Rawi.

7. Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu.

Nama lengkap beliau adalah Sa’d bin malik bin Sinan Al Anshari. Beliau dan ayahnya adalah sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم . Sebagaimana halnya Abdullah bin Umar, Abu Sa’id juga tidak diizinkan untuk mengikuti perang Uhud karena masih belum cukup umur. Beliau wafat di Madinah pada sekitar tahun 63-65 H. Ada pula yang mengatakan pada tahun 74 H.

Jumlah hadits yang beliau riwayatkan dari Nabi صلى الله عليه وسلم adalah sebanyak 1170 hadits, sebagaimana yang disebutkan oleh As Suyuthi rahimahullah.

Demikianlah biografi ringkas tujuh orang sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits dari Nabi صلى الله عليه وسلم .

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *